Pendaftaran Bimtek Guru Belajar Seri AKM 2021

DESBUD.ID -  Hallo sahabat hebat. Apakah sahabat seorang Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK atau PKBM? Yuk, ikutan program guru belajar seri AKM yang diselenggarakan oleh Kemdikbud.

Pada 22 Desember 2020 lalu, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan telah meluncurkan Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) secara virtual melalui YouTube.

Bintek Guru Belajar Seri AKM


Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) merupakan program pembelajaran yang dirancang untuk membantu para Guru/Kepala Sekolah/Pengawas SD, SMP, SMA/SMK dan PKBM sederajat dalam memahami tujuan, konsep dan bentuk pelaksanaan Asesmen Nasional, serta dapat menganalisis contoh asesmen literasi membaca dan numerasi pada Asesmen Kompetensi Minimum.

Mengapa harus ikut Program Guru Belajar Seri AKM?

  1. Waktu Belajar Flelsibel
  2. Mudah Mempelajari Konten
  3. Kolaboratif
  4. Pengalaman Belajar Menyenangkan
  5. Mendapat Sertifikat Bimtek 32 JP dan Piagam Penghargaan

Persiapan

Apa yang perlu sahabat persiapkan untuk dapat mengikuti program ini?

  1. Akun SIMPKB
  2. Mendaftar sesuai jadwal bimtek yang tersedia

Jika sahabat belum memiliki akun SIM PKB, sahabat dapat mendaftar melalui link berikut. Daftar Akun SIM PKB.

Tahapan Program Guru Belajar Seri AKM

Program Guru Belajar ini terdapat 2 tahapan.

  1. Bimtek. Pada tahap ini peserta terlebih dahulu mengikuti Orientasi yang membekali peserta mengenai latar belakang, tujuan umum, kebijakan dan alur program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Pada tahap Bimtek, peserta akan mengikuti pembelajaran mengenai konsep Asesmen Nasional, konsep Asesmen Kompetensi Minimum, butir soal literasi membaca dan numerasi, serta membaca dan menindaklanjuti hasil Asesmen Kompetensi Minimum dalam kurun waktu selama 5 (lima) hari.
  2. Pengimbasan. Peserta diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. Peserta mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

Jadwal

Kapan pendaftaran Bimtek Guru Belajar Seri AKM dibuka?

Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Periode Pendaftaran Bimtek Guru Belajar Seri AKM pada 22 Desember 2020 - 23 Februari 2021.

Yuk, pilih jadwal bimtek sahabat yang tersedia dibawah ini.

Pengimbasan

Pengimbasan Program Guru Belajar Seri AKM kepada teman sejawat dilaksanakan pada:

  1. Peserta pengimbasan diharapkan dapat menjadi bagian perubahan pendidikan dengan cara mengajak dan mendampingi guru lain di satuan pendidikan peserta untuk mengikuti Program Guru Belajar seri Asesmen Kompetensi Minimum. 
  2. Peserta harus mendokumentasikan video pengimbasan dan mengunggah video tersebut pada kanal video berbagi (Youtube) dengan memasukkan link URL.
  3. Video tersebut sebagai syarat untuk mengunduh Piagam Penghargaan.

Unduhan

Unduh Surat Edaran Guru Belajar Seri AKM

Materi dan Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Silahkan bagikan informasi ini kepada rekan sejawat, dan ajak untuk belajar bersama di program guru belajar seri AKM. Berbagi itu indah. Sahabat boleh berbagi informasi bersama masyarakat peduli pendidikan di http://t.me/masyarakat_MPd. Semoga informasi ini bermanfaat untuk sahabatku.

Related Posts

Post a Comment

Lagi Trending