Materi dan Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM

DESBUD.ID - Assalamu'alaikum. Semoga ibu bapak guru hebat dalam keadaan selamat, sehat, dan tetap semangat. Kita patut bersyukur kepada Allah, Tuhan semesta alam. Yang telah memberikan kita banyak kenikmatan. Meskipun sebagian sekolah tetap melaksanakan daring, namun semua dalam keadaan sehat dan selamat.

Tidak lupa pula, kita awali setiap langkah kita dengan membaca Bismillah dan sholawat kepada nabi Muhammad saw. Dengan mengharap ridho Allah dan syafaat Rasulullah saw. 

Materi dan Soal Bimtek Guru Belajar Seri AKM


Ibu bapak guru belajar. Selama 5 hari bimtek guru belajar seri AKM dilaksanakan. Bimtek angkatan 1 dilaksanakan sejak tanggal 4 sampai 8 Januari 2021 diikuti oleh ibu bapak guru jenjang SD, SMP, SMA,  dan SMK seluruh Indonesia. Bimtek guru belajar seri AKM ini telah diikuti setidaknya 10.000 pendaftar.

Ibu bapak guru yang akan mengikuti program guru belajar seri AKM harus memiliki akun SIM PKB. Kegiatan bimtek ini dilaksanakan secara daring melalui SIM PKB masing-masing. Ibu bapak guru dapat melihat jadwal dan mendaftar melalui laman http://ringkas.kemdikbud.go.id/BimtekAKM atau klik DAFTAR BIMTEK AKM

Materi Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Materi bintek guru belajar seri AKM dirancang agar mudah dipahami dan kesan yang menyenangkan. Oleh sebab itu tidak heran jika banyak guru hebat pada angkatan 1 yang telah menyelesaikan di hari pertama. Ibu bapak guru harus memperbanyak literasi agar sukses mengikuti bimtek guru belajar seri AKM ini.

Orientasi Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Sebelum mengerjakan soal bimtek guru belajar seri AKM, ibu bapak guru mengikuti orientasi secara daring dengan menyimak video pemaparan dari kemdikbud.

Mengerjakan Soal Pra Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Setelah mengikuti orientasi dengan menyimak video dari Kemdiibud, ibu bapak guru mengerjakan soal pra bimtek sebanyak 30 butir soal pilihan ganda. Soal ini tidak mempengaruhi kelulusan ibu bapak guru. Soal pra bimtek ini untuk mengukur kompetensi dasar pengetahuan ibu bapak guru sebelum mengikuti bimtek mengenai AKM.

Materi Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Secara umum materi bimtek Guru Belajar seri AKM terdiri dari 8 materi yang harus anda mengikuti dengan seksama. Berikut ini adalah materi bimtek Guru Belajar seri AKM:

  1. Orientasi guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari 3 Topik dan 1 Quiz
  2. Pengantar Program Bimtek Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari 2 Topik dan 1 Quiz
  3. Konsep Asesmen Nasional 6 Topik dan 2 Quizzes
  4. Teknis Pelaksanaan Asesmen Nasional terdiri dari 5 Topik dan 2 Quizzes
  5. Asesmen Literasi Membaca Tingkat SD terdiri dari 6 topik dan 2 Quizzes
  6. Asesmen Numerasi Tingkat SD teridiri dari 6 Topik dan 2 Quizzes
  7. Tindak Lanjut Laporan Hasil Asesmen Kompetensi Minimum terdiri dari 8 Topik dan 2 Quizzes
  8. Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri 1 Topik dan 1 Quiz

Mengingat waktu bimtek setiap angkatan hanya berlangsung selama 5 hari dan memperhatikan materi yang banyak, ibu bapak guru harus mempertimbangkan waktu belajar yang baik. Agar ibu bapak guru mendapatkan hasil yang terbaik.

Soal Pasca Bimtek Guru Belajar Seri AKM

Pada materi kegiatan bimtek Guru Belajar seri AKM materi ke 8 anda akan melaksanakan post test Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum terdiri 1 Topik dan 1 Quiz. Pada Quiz Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum anda akan diberikan kesempatan untuk memperbaiki nilai bila nilai anda tidak mencapai KKM. 

Perhatikan informasi yang terdapat pada  laman Asesmen Pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum seperti berikut: 

Asesmen pasca Program Guru Belajar Seri Asesmen Kompetensi Minimum Ini adalah tahap akhir dari program, yaitu asesmen pasca program. Anda akan menjawab serangkaian soal yang terdiri atas 30 soal pilihan ganda dan membandingkannya dengan hasil pencapaian Anda pada tahap asesmen pra program. Jika pencapaian Anda masih dibawah 70%, Anda diberi kesempatan 2 (dua) kali untuk mengulang kembali asesmen pasca program ini. Jika diperlukan, Anda juga dapat mengulangi kembali materi dalam topik-topik bimtek, sesuai kebutuhan Anda.

Ingat, Anda hanya mempunyai dua (2) kali kesempatan untuk mengulang asesmen pasca. Apabila semua kesempatan sudah diambil dan pencapaian Anda masih dibawah 70%, maka Anda akan dinyatakan tidak lulus. Meski tidak lulus pada angkatan sekarang, Anda tetap dapat mengikuti ulang pada angkatan berikutnya. Selamat bekerja dan melanjutkan ke tahapan pengimbasan.

Ibu bapak guru dapat mengunduh soal pasca bimtek guru belajar seri AKM melalui link berikut. Unduh Materi dan Soal Pasca Bimtek Guru Belajar Seri AKM.

Demikian materi dan soal bimtek guru belajar seri AKM yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk ibu bapak guru hebat. Mari selalu berbagi kebaikan bersama rekan sejawat, untuk meningkatkan kualitas pendidikan kita.

Mari berbagi dengan masyarakat peduli pendidikan di grup telegram http://masyarakat_MPd.

Related Posts

2 comments

  1. trims materinya bang. Kemarin sempat ikut bimtek tapi tidak bisa mengakses riwayat materi, soal, dll. Alhamdulillah kebantu di sini... Jazakallah.

    ReplyDelete

Post a Comment

Lagi Trending