Urgensi Mempelajari Matematika Ekonomi




Assalamu'alaykum sahabat DESBUD.ID yang Rahmati Allah SWT. Puji syukur atas Karunia-Nya sehingga kita masih dapat menjalankan aktivitas hari ini dengan penuh bahagia.

Sahabat DESBUD.ID tanpa sadar pasti mengalami matematika dalam aktivitasnya. Matematika ekonomi memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dan dunia bisnis. Matematika ekonomi merupakan cabang ilmu matematika yang dapat digunakan untuk mempelajari analisis ekonomi. Ilmu ini membantu sahabat dalam mengelola dan menilai rencana bisnis dan pembangunan, baik skala kecil, menengah, atau besar. Matematika ekonomi juga berguna untuk menyusun alternatif sasaran sehingga memudahkan dalam perhitungannya.

Matematika ekonomi digunakan oleh para ahli ekonomi untuk menyatakan permasalahan ekonomi serta menggunakan dalil-dalil matematis untuk membantu pembahasan masalah tersebut. Simbol-simbol matematis digunakan untuk menyatakan permasalahan ekonomi. Matematika ekonomi juga digunakan dalam berbagai ilmu lain seperti, ekonomi mikro, ekonomi makro, metode kuantitatif, dan ilmu-ilmu lain yang membutuhkan alat analisis dalam pendekatannya.

Dalam dunia bisnis, matematika ekonomi dapat membantu menghitung untung rugi pada perdagangan. Pengaplikasian matematika bisa lebih luas daripada sekadar untuk transaksi perdagangan. Dalam menghitung indikator prediksi ekonomi, matematika dapat membantu dalam tahap analisis investasi bursa saham atau dikenal sebagai pasar sekunder. Oleh karena itu, pemahaman fungsi matematika sangat penting bagi para pelaku bisnis agar dapat membuat keputusan yang tepat dan akurat.

Mengapa Perlu Dipelajari Mahasiswa?

Mahasiswa perlu mempelajari matematika ekonomi karena matematika ekonomi merupakan ilmu yang digunakan sebagai pendekatan dalam mempelajari analisis ekonomi. Ahli ekonomi menggunakan simbol-simbol matematis untuk menyatakan permasalahan ekonomi serta menggunakan dalil-dalil matematis untuk membantu pembahasan masalah tersebut. Matematika ekonomi digunakan dalam berbagai ilmu lain seperti ekonomi mikro, ekonomi makro, metode kuantitatif, ekonomi keuangan, serta ilmu-ilmu lain yang membutuhkan alat analisis dalam pendekatannya.

Matematika keuangan juga menjadi hal penting yang perlu dipelajari mahasiswa bisnis dan akuntansi. Matematika keuangan membantu mahasiswa mempelajari ilmu ekonomi, manajemen keuangan, akuntansi keuangan, investasi, dan valuasi. Mahasiswa lulusan bisnis dan akuntansi yang menguasai matematika keuangan tidak hanya melek keuangan tetapi juga akan menjadi cerdas finansial. Matematika keuangan membantu mahasiswa dalam memahami konsep-konsep seperti marginal, elastisitas, diferensial matriks, sistem persamaan linier, dan optimisasi.

Mempelajari matematika ekonomi juga memberikan pemahaman tentang matematika sebagai perlengkapan bantu menganalisis model-model ekonomi. Matematika ekonomi digunakan untuk melakukan perbandingan semenjana dan skala kecil dalam gambar bisnis dan pembangunan. Selain itu, matematika ekonomi juga membantu dalam mengelola dan memonten rancangan niaga dengan tepat. Dengan mempelajari matematika ekonomi, mahasiswa dapat membuat laporan bisnis dan ramalan bisnis, menganalisis kelayakan suatu bisnis, memahami teori-teori matematika yang berkaitan erat dengan ekonomi

Apa Saja Yang Dipelajari Pada Matematika Ekonomi?

Mahasiswa ekonomi perlu mempelajari konsep matematika ekonomi seperti marginal, elastisitas, diferensial matriks, sistem persamaan linier, dan optimisasi. Matematika keuangan juga menjadi hal penting yang perlu dipelajari mahasiswa bisnis dan akuntansi. Matematika keuangan membantu mahasiswa mempelajari manajemen keuangan, akuntansi keuangan, investasi, dan valuasi. Dengan menguasai matematika keuangan, mahasiswa lulusan bisnis dan akuntansi tidak hanya melek keuangan tetapi juga akan menjadi cerdas finansial.

Selain itu, mahasiswa ekonomi juga perlu mempelajari fungsi matematika ekonomi seperti membuat laporan bisnis dan ramalan bisnis, menganalisis kelayakan suatu bisnis, memahami teori-teori matematika yang berkaitan erat dengan ekonomi, dan mempergunakan teori matematika saat menyelesaikan permasalahan ekonomi. Variabel yang kerap digunakan dalam persamaan matematika ekonomi adalah harga (P), konsumsi (C), ekspor (X), dan lain sebagainya. Fungsi matematika ekonomi dapat menyusun alternatif sasaran sehingga akan memudahkan penggunanya dalam perhitungannya.

Konsep elastisitas juga perlu dipelajari oleh mahasiswa ekonomi. Konsep elastisitas digunakan untuk mengukur seberapa besar reaksi konsumen terhadap perubahan harga. Selain itu, elastisitas juga digunakan untuk meramalkan apa yang akan terjadi jika harga barang atau jasa dinaikkan. Konsep elastisitas dibedakan menjadi dua jenis, elastisitas permintaan dan elastisitas penawaran. Elastisitas permintaan digunakan untuk mengetahui besarnya perubahan jumlah barang yang diminta akibat adanya perubahan harga.

Matematika Ekonomi Untuk Apa?

Penerapan persamaan diferensial dalam ekonomi, khususnya dalam menghitung laba perusahaan. Persamaan diferensial digunakan untuk menghitung laba bersih perusahaan dengan memperhatikan penerimaan total dan biaya total. Untuk memaksimalkan laba, diperlukan syarat pertama yang diperlukan yaitu mendiferensialkan fungsi laba terhadap Q, kemudian disamakan dengan nol.

Fungsi matematika ekonomi dan bisnis. Matematika ekonomi dapat digunakan untuk membuat laporan bisnis dan ramalan bisnis, menganalisis kelayakan suatu bisnis, memahami teori-teori matematika yang berkaitan erat dengan ekonomi, dan mempergunakan teori matematika saat menyelesaikan permasalahan ekonomi. Salah satu contoh penggunaan matematika dalam ekonomi adalah dengan menggunakan persamaan perilaku yang menunjukkan bahwa perubahan perilaku pada suatu variabel terjadi akibat perubahan variabel lainnya yang berhubungan.

Konsep elastisitas dalam kegiatan ekonomi. Elastisitas digunakan untuk mengukur seberapa besar reaksi konsumen terhadap perubahan harga. Ada lima jenis elastisitas permintaan, yaitu permintaan elastis, permintaan inelastis, permintaan unit elastis, permintaan sempurna elastis, dan permintaan sempurna inelastis. Elastisitas permintaan dapat membantu dalam meramalkan apa yang akan terjadi jika harga barang atau jasa dinaikkan.

Dengan demikian, maka matematika ekonomi sangat penting untuk dipelajari oleh mahasiswa. Semoga tulisan ini dapat menambah wawasan bagi sahabat. Meskipun demikian, sahabat juga harus menambah literasi untuk memperdalam ilmu matematika ekonomi ini. 

Referensi: 

Nurul, Nadia. 2020. Penerapan Differensial Pada Matematika Ekonomi.
Rifandy, Josua. 2020. Berbagai Macam Fungsi Matematika Ekonomi dan Bisnis

Related Posts

Post a Comment

Lagi Trending