Pembinaan dan Pembekalan Pembuatan Soal Guru Madrasah

DESBUD.ID - Alhamdulillah semoga kita dalam keadaan sehat dan semangat menjalankan aktivitas katena Allah swt. Hari ini pelaksanaan kegiatan pembinaan dan pembekalan untuk pembuatan soal Penilaian Akhir Tahun semester genap kelas VII dan VIII peserta MGMP KKM MTsN 2 Lampung Timur hari kedua. Sebelumnya telah berlangsung kegiatan hari pertama untuk mata pelajaran Agama, Fikih, SKI, Quran Hadits, Akidah Akhlak, dan Bahasa Arab. Pada hari kedua ini setidaknya terdapat 5 mapel umum yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS.

Sholawat serta salam semoga selalu tercurah pada junjungan kita baginda Rosulillah Muhammad SAW. Semoga kegiatan ini mendapat Ridho Allah dan syafaat dari baginda rasulillah.

Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di KKM MTsN 2 Lampung Timur telah dibentuk sejak tahun akademik 2018/2019. Belum sempat terealisasi agenda yang telah direncakan, namun terhenti sebab situasi dan kondisi. Pada kesempatan ini, MGMP kembali mulai bergerak karena kebutuhan. 

Kegiatan MGMP sangat penting bagi guru-guru madrasah untuk saling bermusyawarah, berdiskusi, dan menyelesaikan masalah. Tidak hanya sekedar ajang kumpul, namun juga produktif menghasilkan karya dari kegiatan tersebut.

Dok. Pribadi


Melalui kegiatan MGMP ini, ketua KKM berharap para peserta dapat menghasilkan soal-soal PAT yang berkualitas dan berkempeten. Sehingga dapat mewujudkan Madrasah yang Hebat dan Bermartabat.

Pembinaan dan pembekalan untuk pembuatan soal Penilaian Akhir Tahun 2020/2021

Pembinaan dan pembekalan untuk pembuatan soal Penilaian Akhir Tahun semester genap kelas VII dan VIII diikuti oleh seluruh peserta MGMP KKM MTsN 2 Lampung Timur. Bersama Pokjawas Kabupaten Lampung Timur, ibu Hj. Lenny selaku Ketua KKM membuka kegiatan ini yang berlangsung selama dua hari yaitu Senin dan Selasa, 29 - 30 Maret 2021. 

Pembekalan ini disampaikan oleh Dr. Yuni Sholehati, M.Pd sebelum peserta memasuki ruangan sesuai kelompok mata pelajaran yang diampunya.

Sesuai dengan peraturan pemerintah, bahwa pembuatan soal untuk ujian-ujian di madrasah diserahkan kepada masing-masing madrasah. Oleh karenanya, pembinaan dan pembekalan ini sebagai upaya dari Kemenag Lampung Timur untuk menjaga kualitas pembuatan soal PAT oleh guru-guru madrasah di lingkungan Kemanag Lampung Timur, agar terwujud motto Madrasah Hebat dan Bermartabat melalui pembuatan soal yang berkompeten.

Dok. Pribadi


Pada pemaparannya, Dr. Yuni Sholihati, M.Pd menyampaikan pembuatan soal-soal saat ini mengacu pada Kata Kerja Operasional (KKO) Taksonomi yang telah direvisi versi Anderson. Soal-soal yang dibuat hendaknya menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO) level 2 atau lebih untuk memperoleh soal HOTS.

Hari Pertama Pembinaan dan Pembekalan Pembuatan Soal PAT

Senin, 29 Maret 2021 pelaksanaan pembinaan dan pembekalan untuk pembuatan soal Penilaian Akhir Tahun semester genap kelas VII dan VIII diikuti oleh peserta MGMP KKM MTsN 2 Lampung Timur untuk guru mata pelajaran agama islam yaitu: Fikih, Akidah Akhlak, Quran Hadits, SKI dan Bahasa Arab.

Semua peserta mengikuti kegiatan dengan baik dari awal sampai akhir acara. Kendati kegiatan berlangsung dua hari, namun hari kedua untuk guru pengampu mata pelajaran umum seperti Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS.

Hari Kedua Pembinaan dan Pembekalan Pembuatan Soal PAT

Selasa, 30 Maret 2021 merupakan hari terakhir kegiatan Pembinaan dan Pembekalan Pembuatan Soal PAT yang diikuti oleh guru pengampu mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA dan IPS. 

Seperti hari sebelumnya, guru-guru juga diberikan pembekalan sebelum memasuki ruangan masing-masing. 

Harapannya, kegiatan MGMP madrasah dapat terus berkembang dan berinovasi untuk dapat bersaing dengan sekolah-sekolah yang lainnya. Melalui kegiatan MGMP lahir guru-guru dengan kreatifitas nya di madrasah masing-masing. 

Unduhan

Materi Pembinaan dan Pembekalan

Kisi-Kisi Soal PAT Akidah Akhlak

Kisi-Kisi Soal PAT Quran Hadits

Kisi-Kisi Soal PAT Fikih

Kisi-kisi Soal PAT SKI

Kisi-kisi Soal PAT Bahasa Arab

Kisi-kisi Soal PAT Matematika

Kisi-Kisi Soal PAT Bahasa Indonesia

Kisi-Kisi Soal PAT Bahasa Inggris

Kisi-Kisi Soal PAT IPA

Kisi-Kisi Soal PAT IPS


Demikian kisi-kisi soal PAT yang dapat Mr. Desbud bagikan kepada sahabat semoga bermanfaat. Mari selalu tebar kebaikan kepada sesama. Sahabat dapat berbagi dengan sahabat peduli pendidikan di telegram @masyarakat_MPd

Related Posts

Post a Comment

Lagi Trending